Sabtu, 06 Oktober 2012

8 Public Senior High School Tangerang Offline Test

Kali ini gua kan menceritakan pengalaman gua mengikuti tes seleksi jalur offline penerimaan siswa baru SMAN 8 Tangerang.

Jadi gua mengikuti tes ini bersama teman-teman gua yang berasal dari SMP yang sama yaitu SMP Citra Islami Islamic Village. Saat itu begitu datang ke ruang tes dan duduk di kursi gua langsung diberikan kertas soal yang materinya sangat susah. Itu merupakan soal berbahasa inggris. Yang paling membuat gua stress adalah ketika gua mengerjakan soal matematika karena disamping bahasanya yang asing (inggris), angka penghitungannya pun lumayan rumit. Tetapi akhirnya gua berhasil menyelesaikannya dengan sistem "asal tulis".

Setelah itu selesai, gua mengikuti tes psikotes. Soalnya yah lumayan... yang pasti tidak sesusah soal akademik sebelumnya. Gua berhasil menyelesaikannya dengan cukup lancar.

Jika ingatan gua tidak salah, setelah tes psikotes adalah tes terakhir yaitu wawancara dengan bahasa inggris. Gua ditanya oleh gurunya "Tell me about your daily activities". Ya sudah gua langsung menjawab dengan kecepatan suara yang cukup tinggi karena jika gua berbicara dengan tempo lambat gua malu ketahuan kalau perkataan bahasa inggris gua banyak salah.
Setelah itu selesailah tes dengan tingkat kesusahan yang menurut gua mencapai level "ultra hard" tersebut.

Beberapa hari kemudian, hasil seleksi pun dipublikasikan. Ada 48 siswa yang diterima dari 200 sekian siswa yang mengikuti tes. Dan gua sangat tidak percaya karena nama gua terukir di hasil tersebut. Gua berada di urutan ke 45 dari 48. Saat itu yang terlintas di otak gua adalah "gila... gua ada di ujung, sedikit lagi jatoh..." tetapi yang terpenting adalah gua lulus seleksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar